Inilah Tips Membeli Mobil Bekas dengan Aman

Inilah Tips Membeli Mobil Bekas dengan Aman! Seperti yang kita ketahui jikalau kendaraan saat ini menjadi hal yang cukup pokok. Selain sepeda motor, kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat tertentu ialah mobil. Ya, kendaraan yang satu ini memiliki kelebihan cukup jauh dibandingkan dengan sepeda motor. Dimana kamu tetap bisa melakukan perjalanan meski keadaan panas maupun hujan. Kamu bisa duduk dengan tenang bersama anggota keluarga kamu yang banyak.

Meskipun begitu, tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil baru. Melalui hal ini, banyak orang akhirnya memilih mobil bekas. Ya, kadangkala sebagian orang menjual mobilnya bukan karena apa-apa melainkan karena ingin menggantinya dengan yang baru. Terlebih lagi saat ini mobil bekas memang bisa kamu bayar dengan cara cash maupun kredit. Untuk itu, jika kamu memang ingin membeli mobil bekas, boleh-boleh saja. Akan tetapi, cobalah perhatikan beberapa hal yang memang penting.

Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan. Pasalnya mobil bekas tentu sudah pernah digunakan dan dikhawatirkan performa menurun. Untuk itu, kamu perlu mengikuti beberapa tips membeli mobil bekas yang memang aman. Dalam artian kami tidak akan merasa kecewa juga dirugikan setelah membelinya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

Mengecek Komponen Mobil yang Akan Dibeli

Bagian ini harus kamu perhatikan dengan baik. Cobalah untuk melihat setiap bagian mobil apakah semuanya masih asli atau sudah ada yang diganti? Memeriksa bagian dalam mobil juga penting. Kamu bisa melihat bagian radio, AC, kursi hingga pintu mobil. Selain itu, memeriksa tombol-tombol mobil, juga diperlukan untuk memastikan apakah masih berfungsi. Kamu bisa membandingkan bagian-bagian tersebut dengan mengeceknya di internet.

Mengecek Mesin

Tips membeli mobil bekas yang tidak boleh kamu lewatkan ialah mengenai mesin ini. Ya, percuma saja body mulus akan tetapi performa mesin buruk. Kamu bisa memulai dengan mengecek suara dari mesin mobil. Cobalah untuk mengecek rem juga, apakah masih berfungsi dengan baik? Akan lebih baik jika kamu memang membawa orang yang ahli dalam bidang mesin ini untuk ikut mengecek. Sehingga, kamu tidak akan menyesal setelah membeli mobil tersebut.

Mengecek Box Transmisi

Dalam hal ini kamu bisa melihat apakah bagian dari transmisi body mobil terdapat bekas oli berantakan? Kamu perlu mengecek hal ini meski akan membeli mobil matic atau manual.

Mencoba Mobil Lebih Dulu

Mencoba mobil menjadi salah satu tips membeli mobil bekas terbaik yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, tanpa mencobanya lebih dulu bagaimana kita tahu celah kekurangannya? Kamu bisa mengecek stir apakah masih berfungsi dengan normal? Kamu bisa mencoba melepas stir pada kecepatan yang rendah. Hal ini bertujuan untuk mengeek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak.

Mengecek Dokumen atau Surat-Surat Kendaraan

Tentu kami tidak ingin membeli mobil kosong bukan? Ya, meski membeli mobil bekas usahakan untuk membeli mobil dengan surat-surat yang lengkap. Kamu bisa melihat BPKB, STNK juga surat lainnya. Cobalah fotocopy surat-surat tersebut dan mengeceknya ke Polda terdekat.

Melakukan Penawaran

Tips membeli mobil bekas terakhir yang bisa kamu lakukan ialah menawar. Untuk melakukan hal ini kamu harus mencari tahu lebih dulu harga pasarannya. Biasnya harganya tergantung kepada kondisi di dan tahun produksi.

Nah itulah tips membeli mobil bekas yang bisa kamu lakukan. Tetaplah ingat membeli mobil bekas harus dengan cermat untuk menghindari kekecewaan diakhirnya.