Mengenal Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

fungsi lampu mobil

Mengenal Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya! Sebagai kendaraan yang cukup berkelas, harga mobil tentunya tidak mudah. Untuk itu, wajar jika kita melihat banyak pengguna mobil yang memperhatikan keadaan mobilnya dengan baik. Termasuk dalam hal lampu mobil yang menaruh perananan yang sangat penting. Tentu kita tahu, jika fungsi dari lampu ialah sebagai penerangan. Lebih dari itu, nyatanya lampu ini juga berperan penting dalam keselamatan pengendara itu sendiri.

Meskipun demikian, kamu perlu mengingat jika penggunaan lampu mobil ini ada aturannya. Dalam artian kamu tidak boleh sembarangan untuk mengubah lampu mobil ini. Nah untuk itu, agar lebih jelas lagi dalam artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis lampu mobil. Inilah jenis-jenisnya

Lampu Senja

Jenis lampu mobil ini akan membantu pengendara guna membuat pengelihatannya semakin baik ketika cuaca tidak terlalu cerah. Lampu yang satu ini juga kadangkala digunakan ketika siang hari dimana cuaca mendung. Tujuan dengan menggunakan lampu ini juga dapat membantu pengendara lain guna mengetahui terdapat kendaraan lain yang lewat. Nah, untuk letak lampu ini terdapat di head lamp. Ketika saklar lampu utama diputar maka lampu senja ini akan hidup.

Lampu Tali

Lampu tali atau stop lamp ini akan ikut menyala ketika lampu senja dihidupkan. Melalui hal ini kita tahu jika saklar lampu tali terhubung dengan lampu senja. Fungsi dari lampu ini jalah guna mengetahui pengendara di belakang mobil kamu guna mengetahui terdapat kendaraan lain di depannya. Untuk warna dari lampu ini yakni cukup redup dan biasanya menggunakan bohlam filamen ganda.

Lampu Dekat

Jenis lampu mobil lainnya yang harus kamu ketahui ialah lampu dekat ini. Lampu ini merupakan lampu lama yang berfungsi untuk menerangi jalan di sekitar depan mobil. Untuk jangkauan lampu ini yakni kurang dari lima meter. Lampu yang satu ini akan sangat berguna ketika mobil kamu melewati daerah ramai dan cukup pencahayaan.

Lampi Jauh

Berkebalikan dengan lampu dekat, lampu ini memiliki jangkauan lebih jauh yakni sekitar 10 meter. Fungsinya sama seperti lampu dekat yakni sebagai pencahayaan. Cocok digunakan untuk daerah yang pencahayaannya kurang.

Lampu Kabut

Jenis lampu mobil selanjutnya ialah lampu kabut yang berfungsi gun menerangi jalanan yang berkabut. Sehingga pengemudi akan lebih mudah melihat jalan meski areanya berkabut. Lampu ini dipasang di bawang bumper dengan warna kuning terang. Lebih dari itu, sebagian mobil juga memiliki lampu ini dibagian belakang dengan sinar merah terang.

Lampu Sein

Lampu ini jelas sangat berguna untuk memberikan informasi bagi pengguna mobil lainnya jika suatu kendaraan berbelok ke suatu arah. Untuk cahaya dari lampu ini yakni berwarna kuning dan berkedip-kedip.

Lampu Rem

Lampu yang satu ini dapat menunjukkan kepada pengguna lain jika mobil di depannya sedang mengerem. Jenis lampu mobil ini memiliki sinar dengan cahaya merah. Melalui lampu ini pengemudi lain dapat mengetahui jika mobil depan akan berhenti.

Lampu Hazard

Lampu yang satu ini memang memiliki kemiripan dengan lampu sein. Meskipun begitu tetap saja ada perbedaan, Diman lampu ini akan mengedipkan empat lampu sein secara bersamaan. Fungsi dari lampu ini ialah guna sebagai peringatan adanya bahaya atau sinyal jika mobil dalam keadaan darurat.

Lampu Mundur

Jenis lampu mobil terakhir yang harus kamu ketahui ialah lampu mundur. Seperti namanya, lampu ini akan menyala ketika mobil bergerak mundur. Terralat di belakang mobil dengan warna cahaya kuning keputihan.

Nah itulah beberapa jenis lampu mobil dengan fungsinya sekaligus. Lebih dari itu, kamu bisa mencari referensi di tempat lain melalui internet. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya!